Tips dan Langkah Praktis Membuat Eksterior Rumah Tampak Lebih Hijau

Zaman sekarang saat perkembangan teknologi semakin pesat, tekanan dalam hidup juga semakin besar. Ragam pekerjaan yang saat ini semakin menuntut banyak waktu dan usaha menimbulkan stres yang berlebih kepada masyarakat yang bekerja. Stres dari pekerjaan, tekanan lingkungan sosial dan tekanan karena stres lingkungan hidup. Stres yang timbul karena lingkungan sekitar diantaranya macet diperjalanan, kondisi udara perkotaan yang sudah tercemar dan polusi suara dari banyaknya kendaraan sehari-hari.Suasana perkotaan yang panas dan gersang juga menambah perasaan tidak nyaman yang lebih mudah terserang stress. Karena inilah perlu adanya nuansa alami yang lebih hijau sehingga membantu mengurangi beban stres sehari-hari.

Saat ini sudah marak desain eksterior dan interior yang membawa nuansa alami. Semuanya dilatarbelakangi oleh tingginya polusi di perkotaan.Dengan membuat desain eksterior yang bernuansa hijau akan membuat rumah lebih nyaman dan sehat untuk dihuni. Untuk membuat eksterior rumah lebih hijau akan menambah keindahan rumah sehingga akan menciptakan suasana rumah idaman.

Tips-tips Membuat Eksterior Rumah Tampak Lebih Hijau

Eksterior Rumah

Kemungkinan saat akan membuat eksterior rumah lebih hijau ada kendala lahan. Karena lahan yang sempit anda harus memutar otak untuk mewujudkan eksterior rumah tampak lebih hijau.Salah satu solusinya yakni menambahkan kanopi kaca, untuk jenis kanopi yang digunakan anda dapat memilih kanopi kaca tempered. Namun, anda tidak perlu bingung berikut ini beberapa tips yang akan membantu anda saat akan membuat eksterior rumah tampak lebih hijau.

1. Menggunakan tanaman kecil. Tanaman atau bunga yang ukurannya kecil dapat menjadi solusi untuk membuat rumah tampak lebih hijau. Dengan adanya tanaman di sekitar rumah maka akan menambah suasana sejuk rumah.

2. Menggunakan kanopi. Jenis bahan kanopi yang paling tepat adalah kaca, karena kanopi kaca minimalis lebih ramah terhadap tanaman di halaman rumah dalam hal penyinaran dari matahari dibandingkan bahan yang lain.

3. Membuat taman mini didepan atau dibelakang rumah. Tips dalam membuat taman mini adalah jangan memberi pagar pembatas pada taman, karena hal ini akan menghalangi pemandangan dari taman. Untuk jenis tanaman yang dapat anda pilih adalah tanaman bonsai. Tanaman bonsai sangat cocok dengan ukuran taman yang kecil dan tanaman bonsai juga memberi kesan hijau ditambah dengan rumput ditaman. Keberadaan taman ini akan membuat rumah anda tampak lebih hijau dan mengundang orang yang melihatnya tertarik. Jika lahan yang tersedia masih sedikit lapang anda dapat membuat kolam ikan kecil ditengah taman.Hal ini akan menambah nuansa alami dari suara air kolam nantinya. Untuk melindungi taman atau kolam yang anda miliki dapat membuat atap kecil atau kanopi kaca temperedJenis kaca tempered akan lebih tahan dan kokoh dibanding jenis kaca lain.

4. Memadukan dinding berbahan kayu untuk desain rumah. Dengan menggunakan bahan kayu untuk dinding eksterior rumah maka akan menambah kesan rumah tampak lebih hijau. Kayu yang sudah dipernis terlebih dahulu sehingga kayu berkilat, warna cokelat dari kayu juga akan melambangkan seolah-olah rumah lebih alami dan nyaman. Namun perlu diperhatikan bahwa bahan kayu tidak terlalu tangguh terhadap cuaca ekstrim jadi anda perlu memperhatikan atap pelindungnya. Supaya nuansa alami tetap terjaga anda dapat membuat kanopi kaca minimalis yang sekaligus menambah keindahan rumah anda.

5. Menyediakan keset dengan hiasan alami. Untuk keset ini anda dapat memilih bahan sabut yang lebih alami dan pilihlah ukuran yang tebal. Keset kadang kala disepelekan, padahal inilah barang yang pertama menyambut siapapun yang akan masuk ke rumah. Untuk itu dengan memperhatikan pemilihan keset yang anda miliki dapat membuat rumah tampak lebih hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *