Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Karpet Tile

Tips Memilih karpet Tile yang Sesuai dengan Dekorasi Rumah

Karpet tile saat ini telah digunakan untuk berbagai jenis ruangan. Kita bisa menggunakan karpet ini untuk di rumah maupun apartemen. Selain itu, karpet ini cocok juga kita gunakan di berbagai jenis bangunan lainnya, seperti hotel maupun perkantoran. Karpet ini bisa kita bedakan melalui ukurannya yang kecil. Ukurannya hanya sebatas 40×40 cm, 50×50 cm, 60×60 cm atau yang lebih besar lainnya. Umumnya karpet ini dijual per meter. Isinya bisa 4 buah atau lebih per meternya.

Karpet ini tidak hanya sebagai penutup lantai biasa, fungsinya pun sangat penting sebagai elemen interior ruangan. Karpet tile jauh lebih baik dibandingkan dengan karpet roll, terutama dari segi durability di mana karpet tile jauh lebih unggul dan tahan lama.

Bagi Anda yang ingin membelinya, simak berikut inspirasi dekorasi yang cocok sebelum Anda membelinya:

1. Perhatikan Warna dan Pola

Begitu banyak varian warna maupun pola karpet lantai tile yang tersedia, mungkin akan membuat Anda sedikit kebingungan. Anda bisa mempersempit dalam memilih warna yang pas melalui cara mencocokkannya dengan ruangan Anda. Anda bisa mencoba jenis warna biru atau hijau, kedua warna tersebut akan memberi kesan tenang dan damai. Jika ingin memberi kesan lapang dan nyaman, warna emas dan merah cocok untuk dijadikan pilihan.

 

2. Karpet Polos tak Bermotif untuk Kesan yang Luas

Karpet polos sangat cocok untuk ruangan yang sudah sesak dengan furniture di dalamnya. Anda perlu meninjau kembali ruangan Anda sebelum membelinya. Jika ruangan sudah tampak sesak, hindari penggunaan karpet bermotif. Karpet polos ini akan memberi kesan yang lapang pada ruangan Anda. Kini Anda bahkan bisa membeli karpet tile murah untuk diaplikasikan pada ruang yang sudah tampak sesak.

 

3. Karpet Sebagai Background atau Focal Point?

Tentukan karpet yang akan Anda beli, apakah ingin digunakan sebagai background atau focal point. Jika dinding, furniture maupun ruangan pada ruangan Anda telah menjadi focal poin, maka pilihlah jenis warna netral untuk menghindari terjadinya tabrakan konsep maupun desain. Cara pemilihan ini pun mampu membantu Anda agar pilihan desain yang digunakan tidak terlalu monoton.

 

4. Cara Memilih Karpet Polos dan Karpet Bermotif

Tidak sedikit orang yang membeli karpet secara acak atau sembarangan. Kebanyakan orang hanya menilai karpet dari desainnya saja, entah itu jenis karpet bermotif atau tidak. Padahal, mempertimbangkan jenis karpet polos dan bermotif adalah hal yang perlu diperhatikan. Gunakan karpet bermotif jika Anda ingin memfokuskan pandangan mata seseorang yang ada di ruangan kepada karpet, dan gunakan karpet polos untuk memberi kesan lapang pada ruangan.

 

5. Selain Desain, Perhatikan Juga Material Karpet

Meskipun tema kali ini adalah memilih inspirasi jenis karpet yang tepat untuk ruangan, tidak berarti kita mengabaikan soal material. Material penting untuk diperhatikan, karena material tidak hanya menyangkut kenyamanan saja, tapi juga kesehatan. Jika ada anggota keluarga atau Anda yang alergi terhadap debu, pastikan memilih jenis material yang tepat agar tidak mengganggu kesehatan. Contohnya jenis material wol yang mudah dibersihkan dari debu dan awet.

Demikian rangkuman cara memilih karpet tile sesuai dengan kebutuhan, baik dari segi motif, inspirasi ruangan hingga pemilihan material yang tepat. Bagi Anda yang ingin membelinya, kini karpet ini tidak sulit untuk kita dapatkan. Kita bisa memesannya langsung di toko karpet ataupun secara online untuk mempermudah belanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *