Ingin Ruangan Lebih Indah dan Bernilai Estetis Tinggi? Ketahui Seluk Beluk Motif Ornamen Gaya Modern Ini!

Ornamen memiliki arti dekorasi atau hiasan, baik bergaya geometrik atau lainnya. Ornamen dapat diaplikasikan pada berbagai bidang atau furnitur perlengkapan rumah atau kantor sebagai penambah nilai estetis ruangan. Misalnya seperti pada dinding tembok, karpet kantor, lemari, kursi, dan lain sebagainya. Karena mengaplikasikan ornamen pada ruangan merupakan suatu hal yang penting, maka di bawah ini kami akan membahas lebih detail mengenai ornamen khususnya ornamen moderen. Ingin tahu? Yuk langsung saja kita simak bersama-sama ulasannya di bawah ini!

Pengertian dan Fungsi Ornamen

Di awal artikel ini telah disebutkan pengertian dari ornamen. Namun agar lebih jelas lagi, di bagian ini kami akan memberikan pengertian lain yang lebih luas. Ornamen diartikan juga sebagai pola hias yang dibuat dengan cara dicetak, dipahat, maupun digambar untuk meningkatkan nilai pada suatu benda.

Fungsi ornamen dapat dibedakan menjadi fungsi pasif dan aktif. Fungsi aktif diartikan bahwa ornamen tersebut berfungsi untuk menghias suatu objek dan dapat mempengaruhi kekuatan dari objek tersebut. Contohnya seperti ornamen pada kaki kursi motif binatang. Fungsi pasif diartikan bahwa ornamen hanya berfungsi sebagai hiasan saja.

Dalam ornamen terdapat komponen pokok berupa motif. Motif atau corak ornamen dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Salah satunya yaitu motif ornamen modern atau yang disebut juga dengan motif kontemporer. Jenis ornamen ini merupakan hasil karya yang terlepas dari kaidah tradisi, primitif, dan klasik.

Ciri-Ciri Ornamen Modern

Ornamen modern didapatkan dari proses kreatif baru yang sesuai dengan perkembangan masa kini ataupun pertentangan dari masa lampau. Untuk mengenali ornamen modern, anda harus mengenali karakteristik atau ciri-cirinya. Adapun beberapa ciri dari ornamen modern adalah sebagai berikut.

  1. Bersifat rasional atau masuk akal
  2. Terlihat complicated atau rumit
  3. Gradual atau mencipta terus menerus dan mengajak orang menuju ke pemikiran baru dalam bidang seni
  4. Bersifat conscious, yakni sadar akan penciptanya
  5. Bersifat progresif, yaitu tidak terikat pada suatu peraturan tertentu
  6. Kompetitif
  7. Individual atau tergantung pada batin yang menciptakannya
  8. Bersifat tidak seragam atau heterogen
  9. Terjadi perubahan-perubahan pada setiap proses pembuatannya
  10. Multiplied, yakni tidak terpengaruh apapun baik oleh suatu aturan, objek, waktu, maupun tempat tertentu

Contoh Motif Ornamen Gaya Modern

1. Motif ornamen modern batik non-geometris

Motif ornamen modern batik non-geometris dapat memberikan nuansa baru yang tidak monoton. Motif ini sebenarnya tak hanya dapat diaplikasikan pada kain saja. Namun bisa juga pada hasil karya lain seperti topeng, ataupun ornamen dinding rumah. Salah satu contoh motif ini yaitu:

  • Batik motif Mega Mendung

 

Batik motif Mega Mendung

  • Batik motif tumbuhan bernama batik Sekarjagad

 

Batik motif tumbuhan bernama batik Sekarjagad

2. Ornamen modern motif geometris

Ornamen modern motif geometris memiliki pola yang lebih teratur daripada motif non-geometris. Ornamen modern motif geometris lebih bebas dalam komposisi warna. Maka tak heran, jika ornamen ini menampilkan warna-warna yang lebih cerah. Selain itu, ornamen ini juga bisa diisi dengan warna-warna lembut seperti warna pastel.

Ornamen modern motif geometris

Nah berikut ini merupakan contoh dari ornamen modern motif geometris yang diaplikasikan pada dinding. Selain pada dinding, ornamen ini juga cantik untuk diterapkan pada karpet kantor.

 

Nah itulah ulasan lengkap mengenai seluk beluk motif ornamen khas gaya modern. Semoga dengan membaca artikel ini anda bisa lebih terinspirasi dalam mendekorasi ruangan rumah ataupun kantor.

Untuk karpet motif ornamen modern, anda tak usah khawatir. Sebab banyak toko karpet Jakarta yang menyediakannya untuk anda. Selamat menghias dan mendapatkan ruangan yang berestetika tinggi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *