5 Tips Merawat Lantai Vinyl agar Tetap Mengkilap

Inilah Cara Termudah Merawat Lantai Vinyl Agar Tetap Bagus

Agar dapat meminimalisir pengeluaran badget dalam memilih material lantai, Anda bisa mencari alternatif lain, yaitu dengan menggunakan lantai vinyl yang harganya lebih ekonomis. Material vinyl ini merupakan campuran bahan karet dan plastik dengan beragam motif yang berbeda-beda pada setiap permukaannya.

Untuk menemukan material vinyl ini, sekarang sudah banyak di pasaran. Anda bisa membelinya langsung dari distributor baik secara online maupun offline. Perihal harga, tergantung dari merk, jenis, kualitas, dan ukurannya. Anda bisa menentukannya sendiri sesuai dengan kebutuhan. Menggunakan lantai vinyl murah untuk setiap ruangan, faktanya lebih banyak dipilih dibandingkan dengan lantai keramik, granit, maupun marmer.

Selain itu, vinyl ini lebih tahan lama karena anti rayap dan anti pecah. Lantas, bagaimana cara perawatan yang tepat agar kondisi lantai ini tetap mengkilap? Simak tipsnya berikut ini:

1. Cara Perawatan Harian

Sebetulnya, perawatan material vinyl ini tidak terlalu sulit. Agar tetap bersih dan mengkilap, Anda bisa merawatnya setiap hari dengan selalu membersihkannya menggunakan vacuum cleaner. Gunakan nozzle yang berbulu lembut agar tidak merusak permukaan vinyl. Saat menyapu, sebaiknya sapu yang digunakan berbahan nilon atau lovy duster.

 

2. Cara Perawatan Mingguan

Selain cara perawatan harian dengan membersihkan debu dan menyapunya, Anda juga perlu mengepel lantai ini minimal dua atau tiga kali dalam satu Minggu. Cara mengepel lantai ini sedikit berbeda, yaitu harus menggunakan obat khusus vinyl. Anda bisa membelinya di toko-toko online.

Caranya cukup sederhana, yaitu campurkan cairan obat vinyl dengan air bersih secukupnya. Kemudian, basahi kain mop dengan campuran tersebut hingga cukup basah. Pel lantai sampai semua kotoran terangkat. Setelah itu, cepat keringkan lantai dengan bantuan kipas angin atau menggunakan floor sweeper.

Lakukan cara perawatan ini dengan rutin agar lantai benar-benar mengkilap.

 

3. Cara Perawatan Bulanan

Cara perawatan ini hampir sama perlakukannya dengan yang di atas. Namun, yang membedakannya adalah sekaligus melihat kondisi lantainya. Seperti mengecek permukaan lantai jangan sampai ada noda dan kotoran yang menempel permanen. Selain itu, cek juga kondisi permukaan lantai yang mengalami kerusakan.

 

4. Bersihkan Noda dan Kotoran yang Menempel Permanen

Jika sudah di sapu dan di pel, ternyata saat di lakukan pengecekan pada perawatan bulanan ditemukanĀ  ada noda dan kotoran yang masih menempel, maka Anda harus segera menghilangkannya dengan menggunakan cairan MPC. Semprotkan cairan MPC tersebut pada bagian noda dan kotoran yang membandel tersebut, gosok perlahan dengan spon hingga bersih.

Untuk memastikan lantai kembali mengkilap, Anda harus melakukan coating. Adapun cara mencegah noda dan kotoran menempel permanen, yaitu saat vinyl tertumpah cairan teh, kopi, sirup, dan lain sebagainya, sebaiknya segera bersihkan sebelum timbul flek atau noda yang membandel.

 

5. Lakukan Perawatan Ekstra

Cara perawatan ini bisa saja dilakukan pada tahapan perawatan bulanan, yakni megecek sekaligus memperbaiki kondisi vinyl yang rusak. Misalkan, vinyl yang dipasang sudah terlalu lama dan akhirnya terjadi pengelupasan, sebaiknya rekatkan kembali sebelum vinyl robek dan rusak. Atau bisa juga menggantinya dengan yang baru agar vinyl tetap terlihat mengkilap.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda harus berhati-hati pada saat menggeser kabinet dinding seperti rak TV maupun firniture lainnya seperti kursi dan meja.

Jika Anda masih bingung harus membeli material vinyl di mana, kami sarankan untuk membelinya langsung di distributor terpercaya yang jual lantai vinyl berkualitas. Mengapa? Karena, harganya pasti lebih murah dan kualitasnya terjamin.

Itulah tips merawat lantai vinyl agar kondisinya tetap mengkilap. Cara-cara tersebut bisa Anda praktikkan di rumah. Selain menjaga tampilan lantai tetap mengkilap, kondisinya juga akan semakin awet dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *